Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITB





ITB atau yang lebih dikenal dengan Institut Teknologi Bandung merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Kota Bandung. Saat ini ITB menjadi salah satu Perguruan Tinggi Teknik terbaik di Indonesia sehingga menjadikannya kampus Favorit bagi para lulusan SMA yang akan melanjutkan kuliah.

Bagi para pelajar SMA yang berminat untuk melanjutkan Kuliah di ITB, berikut ini macam-macam jalur penerimaan masuk ITB tahun 2015 :



1.    SNMPTN

Jalur SNMPTN merupakan jalur penerimaan masuk secara Nasional yang dikelola langsung oleh Pemerintah. Jalur penerimaan ini melihat nilai-nilai yang didapatkan calon pendaftar semasa SMA sebagai kriteria Penerimaan. Apabila dibandingkan jalur penerimaan masuk yang telah sejak lama diselenggarakan, maka jalur penerimaan ini memiliki sistem yang mirip dengan PMDK, perbedaannya terletak pada pihak yang mengelola Penerimaan tersebut. Pada PMDK panitianya terdiri dari anggota Internal Kampus, sedangkan pada SNMPTN dikelola langsung oleh Pusat.



2.    SBMPTN

Jalur SBMPTN merupakan jalur seleksi yang menggunakan kriteria penilaian penerimaan masuk melalui TES tertulis, dan TES Praktik. Biasanya tes dibagi menjadi dua jenis yaitu tes IPA untuk pendaftar yang memilih PRODI berkategori IPA, dan tes IPS untuk pendaftar yang memilih PRODI berkategori IPS.



3.    Bidik misi

merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah. Program jalur seleksi ini menggunakan kriteria yang hampir sama dengan SNMPTN, namun memiliki kriteria tambahan yaitu adanya kriteria ekonomi kurang mampu bagi calon mahasiswa.



Bagi Calon Mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan kuliah di ITB, ada baiknya untuk memperhatikan besaran biaya pendidikan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITB"

Posting Komentar